24/03/14

Cara Menambah Kapasitas RAM Android

Cara Menambah Kapasitas RAM Android - Tutorial ini merupakan recycle dari "Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android" yang dari waktu ke waktu mengalami perubahan isi seiring bertambahnya tutorial optimasi kinerja Android di blog ini.

Pertama-tama perlu saya tekankan bahwa pada dasarnya menambah kapasitas RAM Android bukan berarti mengganti RAM internal yang sudah ada. Itu sangat mustahil (kecuali untuk smartphone yang lagi booming belakangan ini yang katanya bisa upgrade spec hardware itu). Jadi jika RAM internal Android anda misal sebatas 512MB, tidak bisa anda minta dinaikkan ke 2GB.

Menambah RAM di Android prinsipnya membuat virtual memory (Swap RAM / Linux Swap / ZRAM / compcache) yang berguna untuk ram bayangan yang mampu membantu kinerja RAM internal, langkah-langkahnya sudah ada di tutorial di bawah.

Untuk virtual memory Android sendiri, tidak perlu kita buat terlalu banyak karena ini hanyalah RAM bayangan dan bukan menambah kapasitas RAM inti. Hanya beberapa puluh MB saja yang kita perlukan untuk virtual memory. Maksimal 128MB sudah cukup. Jika anda membuatnya menjadi 1GB, untuk apa? Lagi pula untuk membuat virtual memory seperti swap RAM yang dipakai adalah kapasitas memori eksternal.
Cara Menambah Kapasitas RAM Android

Cara Menambah Kapasitas RAM Android :

Berikut ini langkah sederhana cara menambah kapasitas RAM Android yang terbilang cukup ampuh. Bagi anda yang mempunyai handheld dengan spesifikasi yang kurang, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Install Swapper

Langkah pertama kita mulai dari hal yang paling sederhana. Install Swapper untuk menambah virtual memory yang berguna untuk menambah RAM Android.

  • Pastikan Android anda sudah dalam keadaan rooted. Selain itu, pastikan kernel Android anda juga sudah support swap RAM (ZRAM)
  • Download Swapper melalui link dibawah kemudian install
  • Buka Swapper, centang active swap on boot, pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition
  • Isi value dengan kapasitas swap RAM yang anda kehendaki
  • Reboot perangkat Android anda



Install SD-Booster 

Kedua, install SD-Booster. Fungsi SD-Booster menaikkan kecepatan SD Card dalam membaca/menulis data (R/W). Sama halnya dengan overclock namun ini bukanlah prosesor melainkan SD Card.

  • Pastikan Android anda sudah dalam keadaan rooted
  • Download SD-Booster melalui link dibawah kemudian install
  • Buka SD-Booster, isi cache size antara 1 hingga 8192. *Disarankan menggunakan 1024 atau 2048



Pasang Juwe RAM Script

Juwe RAM Script merupakan script pengatur RAM, sama dengan aplikasi RAM Manager PRO (karena Juwe RAM Script merupakan kelanjutan dari RAM Manager PRO buatan Juwe). Meski ukurannya relatif kecil namun fungsi Juwe RAM Script ampuh sekali.

  • Pastikan Android anda sudah dalam keadaan rooted
  • Pastikan kernel Android anda sudah support init.d. Jika belum, baca Cara Mengaktifkan init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel. *Peringatan! Folder init.d tidak bisa dibuat hanya dengan membuat folder yang diberi nama init.d secara manual. Folder init.d terhubung dengan library. Jika anda asal membuat folder init.d, itu tidak akan berfungsi
  • Download Juwe RAM Script melalui link dibawah, save di sdcard anda
  • Ekstrak file tersebut, pindahkan ke direktori init.d yang berada di folder /system/etc
  • Rubah permissionnya menjadi rwxr-xr-x
  • Reboot perangkat Android anda


UPDATE : Bagi anda yang mengalami kesulitan untuk menambahkan file Juwe RAM Script kedalam folder init.d, anda bisa memakai aplikasi RAM Manager PRO. RAM Manager PRO memiliki performa yang sama dengan Juwe RAM Script seperti yang saya katakan diatas, RAM Manager PRO juga memiliki interface dan opsi yang lengkap.

Cara Menambah Kapasitas RAM Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: De Fredi

0 komentar:

Posting Komentar

PEDOMAN KOMENTAR :
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar, membuat komentar berbentuk spam.