22/10/14

Tips Bermain Game Nyaman dan Sehat

Zaman sekarang ini game sudah merambah ke dunia virtual. Tak sedikit orang yang bermain game di depan layar monitor dalam jangka waktu yang lama, itu tentu saja berdampak buruk bagi kesehatan. Dan lebih buruknya lagi kebanyakan gamer adalah usia muda dimana itu adalah saat yang tepat untuk menjaga kesehatan. Nah untuk mengatasi gangguan kesehatan akibat terlalu lama di depan layar monitor, saya punya Tips Bermain Game Nyaman dan Sehat

Play game PC

1. Atur Jarak Mata dengan Monitor
jarak mata dengan komputer minimal adalah 45 CM namun direkomendasikan jaraknya diatas 45 CM untuk menjaga agar mata tidak rabun.


2. Setiap 30 Menit Sekali, Alihkan Pandangan
Nah ini lumayan penting gan! Jika mata terus-menerus menatap cahaya monitor dampaknya akan membuat mata menjadi tidak fokus. Untuk itu alihkan pandangan dari monitor ke arah tembok yang berwarna cerah seperti Merah, Hijau, dan Biru.


3. Sesekali Lakukan Peregangan Otot
Terlalu lama duduk di depan komputer akan membuat otot menjadi kaku. Tapi agar itu tidak terjadi lakukanlah sedikit peregangan otot atau berjalan keluar ruangan.


4. Saat-saat Bermain Game
Waktu-waktu yang tidak tepat untuk bermain game adalah: Saat setelah bangun tidur dan menjelang waktu tidur diatas pukul 21.00 karena akan membuat mata pedih.


5. Jangan Tahan Lapar
Hampir naik pangkat!!! Ya walaupun terkadang kita terlalu senang karena misi yang dijalankan hampir selesai, kita tak boleh melupakan makan atau perut akan terasa melilit akibat tak diisi.


6. Berkedip
Berkedip? ya tentu saja! Tapi ketika orang berada di depan layar komputer, rata-rata kedipan matanya adalah 7 kali per menit. Itu sangat sedikit dibanding tidak menatap layar komputer yaitu 22 kali per menit.


7. Atur Brightness
Terkadang kita butuh tingkat kecerahan layar yang rendah, atau juga yang tinggi. Itu tergantung kondisi mata, jadi kalau mulai terasa tidak enak dipandang, atur brightness layar komputer agan.


8. Jangan Terlalu Memikirkan Game
Terlalu lama memikirkan game biasanya orang akan selalu memikirkan game yang ia mainkan kapan saja dimana saja, ini berakibat kita akan lupa hal-hal yang harus dikerjakan atau sedang terjadi.


9. Jangan Lupakan Kewajiban
Jangan sampai keasyikan main game sampai-sampai lupa kewajiban lain seperti tugas-tugas sekolah. Lakukan kewajiban dahulu, barulah bermain game.


10. Pastikan Waktu Bermain Game
Jangan bermain game ditengah kesibukan! Ini akan membuat permainan menjadi kurang nyaman dan harus sedikit was-was.



Ok cukup disini dulu, semoga artikel ini bisa membantu agan para gamer

Tips Bermain Game Nyaman dan Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

PEDOMAN KOMENTAR :
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar, membuat komentar berbentuk spam.