16/11/15

PPC Klik Saya Berulah, Terancam Akan Bangkrut


PPC Klik Saya Berulah, Terancam Akan Bangkrut - Kenapa saya membuat postingan seperti ini? apa ada hal yang nyeleneh dari situs tersebut? Jawabannya situs PPC yang katanya terbesar di Indonesia ini berulah lagi kepada membernya. Awalnya situs ini baik-baik saja ya seperti biyasa pengiriman gaji lancar saja namun semua itu berubah ketika ada email masuk dari David Ciang developer situs Klik Saya tersebut yang memberitakan bahwa iklan yang saya tampilkan di blog ini tiba-tiba di hapus dengan berbagai alasan
Baca isi dari email yang di kirimkan ke saya

"Dear Saudara I Gede Frediyana,

Kami mohon maaf sebesar-besarnya karena kami tidak bisa meneruskan
zona iklan Anda yang terdaftar pada situs kami, KlikSaya.com,
dengan alasan:
http://pub.kliksaya.com/berita/pelarangan-keras-script-floating

Sekian email pemberitahuan dari kami. Kami harap
David Ciang dapat memaklumi kebijakan kami.

Regards,


David Ciang
www.KlikSaya.com"

Dan alasannya yang tidak masuk akal

"Secara umum, situasi ekonomi tahun ini di Indonesia sedang memburuk. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai tukar mata uang USD, meningkatnya harga barang, serta penurunan daya beli masyarakat. Secara langsung maupun tidak langsung, kita terkena imbasnya juga, berhubung sebagian besar pemasang iklan kita adalah pedagang online. Omset pedagang online akan semakin kecil karena semakin sulit untuk mendapatkan pembeli.
Sayangnya dalam situasi buruk seperti ini, masih ada beberapa penerbit yang menggunakan cara curang untuk mendapatkan komisi dalam jumlah besar. Ada beberapa kasus yang telah kami masukkan ke dalam Hall Of Shame, seperti Artikelsiana.Com yang menggunakan script floating dengan tombol close kecil yang dengan sengaja ditaruh diatas iklan. Pengunjung disuruh mengklik tombol close 2 kali, sehingga secara tidak sengaja akan mengklik iklan. Kami telah menghimbau penerbit yang bersangkutan untuk menghapus script floating, dan berhubung komisinya masih tertahan Artikelsiana.Com menghilangkan script floatingnya. Namun begitu komisi ditransfer, Artikelsiana.com langsung memasang kembali script tersebut, sehingga menunjukkan bahwa penerbit tersebut memang secara sengaja menghalalkan segala cara untuk mendapatkan komisi sebesar mungkin.
Contoh kasus lainnya adalah TipsSeputarKeluarga.com yang mengganti gambar iklan KlikSaya menjadi gambar iklan CPM, dimana nilai CTR-nya jauh lebih besar daripada iklan PPC biasa. Akibatnya kebanyakan pengunjung menjadi mengklik iklan PPC, dan komisi meningkat drastis. Namun komisinya adalah hasil dari kecurangan.
Yang ingin kami sorot dalam berita kali ini adalah kecurangan dengan menggunakan script floating. Dalam Persetujuan Penerbit, kami telah mencantumkan bahwa KlikSaya.Com melarang penggunaan script floating, baik digunakan untuk script KlikSaya.Com ataupun untuk script iklan lainnya. Script floating menyebabkan CTR naik 10x dibanding script biasa, namun sebagian besar klik terjadi secara tidak sengaja. Akibatnya pengunjung malah merasa kesal dengan situs yang diiklankan dan langsung menutup browser (bounce).
Semakin hari semakin banyak penerbit yang menggunakan script floating, sehingga menyebabkan banyak klik yang terjadi secara tidak sengaja. Pengunjung yang mengklik iklan langsung menutup situs Pemasang Iklan (bounce), padahal pemasang iklan tetap mengeluarkan biaya untuk klik tersebut. Akibatnya omset pemasang iklan menurun tajam. Efek ini akan dirasakan kembali oleh penerbit iklan, karena pemasang iklan menjadi tidak sanggup untuk memasang iklan.
Pada beberapa bulan belakangan terjadi penurunan harga per klik iklan. Dan pada bulan ini efek yang paling parah terjadi, dimana pemasang iklan sudah tidak bersedia memasang iklan di luar jam kerja. Bahkan ada beberapa pemasang iklan yang pergi dan tidak memasang iklan sama sekali lagi. Akibatnya script KlikSaya.Com di malam hari dan di hari Sabtu/Minggu tidak menayangkan iklan sama sekali.
Mungkin sudah ada beberapa penerbit yang merasakan bahwa nilai komisinya sudah mengalami penurunan, padahal jumlah traffic-nya tetap normal.
Untuk mengatasi masalah ini, maka dari sisi manajemen KlikSaya.Com akan lebih tegas dalam mengawasi penerbit yang melakukan kecurangan. Seluruh zona iklan yang menggunakan script floating akan kami hentikan, dan komisi penerbit yang bersangkutan akan dikembalikan ke pemasang iklan. Hal ini kami anggap penting dan urgen, karena kita mesti mengembalikan kepercayaan para pemasang iklan agar pasar bisa kembali ke kondisi seperti dulu.
Kami harapkan kedepannya para penerbit dapat lebih tertib dalam mengikuti aturan main yang telah dicantumkan dalam Persetujuan Penerbit. Terima kasih."

Padahal seingat saya tidak pernah yang namanya berbuat curang kalau namanya beriklan di situs saya, tapi apa boleh buat dengan berat hati saya hapus akun dari situs tersebut dan kembali lagi fokus untuk menarik visitor lebih banyak lagi. Kejadian ini sih sudah lama tapi saya buat sekarang agar yang baru menggeluti dunia iklan PPC agar lebih teliti dan lebih selektif untuk memilih situs pengiklan. Banyak yang sok baik dan mudah tapi ujung-ujungnya PHP juga
Sekian curhatan dari saya, mohon maaf jika menyinggung seseorang atau oknum tertentu salam sobat blogger

PPC Klik Saya Berulah, Terancam Akan Bangkrut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: De Fredi