30/10/14

7 Game iOS & Android yang Dapat Mengasah Insting Bisnis Kamu

7 Game iOS & Android yang Dapat Mengasah Insting Bisnis Kamu - Belajar menjadi orang kaya raya dengan cara berbisnis melalui game? Bisa ya? Kalau melihat list yang saya berikan nanti, kamu pasti akan langsung menjawab ya, tentu bisa! Sungguh sulit untuk mencari list game yang dapat melatih insting bisnis kita. Kebanyakan game berbau bisnis yang saya temui kebanyakan hanyalah game simulasi yang terlalu dominan unsur fiksinya dan kurang memiliki kekuatan dasar ilmu bisnis yang bisa dipraktekkan ke dalam dunia nyata.
Ilmu bisnis sangat penting dalam dunia profesional. Ilmu bisnis adalah piramida tertinggi mengenai bagaimana sebuah perusahaan dapat terus melangkah maju dan bisa menjadi perusahaan yang disegani dan yang tidak kalah penting, ilmu bisnis sangat besar peluangnya untuk membuat kamu menjadi kaya raya. Siapa yang tidak ingin menjadi kaya raya?
Nah, melalui game di bawah ini kamu bisa bermain sambil belajar berbisnis, peribahasanya sambil menyelam minum air. Ilmu yang kamu dapat tentu harus kamu tafsirkan sendiri dan tidak sedalam ilmu pada pendidikan bisnis formal, tetapi paling tidak kamu akan mendapatkan beberapa ilmu dasar yang dapat mengasah insting bisnis kamu. Jadi pada akhirnya kamu akan mendapat kesenangan dan ilmu secara bersamaan, sungguh indah sekali bukan dunia game?
Billionaire.
Billionaire | Screenshot-1
Billionaire sendiri menempatkan dirinya sebagai sebuah game sederhana dengan satu tujuan utama yaitu menjadi orang paling kaya sejagat dengan merajai beberapa sektor bisnis sekaligus. Melalui game ini, kamu akan diberikan sebuah modal awal untuk membuat sebuah investasi bisnis dengan menjual jasa atau barang seperti pada dunia nyata. Contohnya, kamu bisa membangun toko penjual hotdog, penjual lemon, sampai tukang bungkus kado. Semua unit usaha tersebut menjadi bentuk konversi modal yang diberikan untuk melipatgandakan modal tersebut dan memperoleh keuntungan.
Tidak seperti Make It Rain: Love of Money yang mengharuskan kamu swipe tumpukan uang berkali-kali di layar untuk menambahkan pundi-pundi uang milik kamu, di Billionaire uang akan masuk sendirinya setiap detik sampai kapasitas dari setiap toko milik kamu penuh. Ya, setiap unit bisnis yang kamu miliki ada 4 spesifikasi yang mengiringinya yaitu earning (intensitas menghasilkan uang, misal $15/menit), max hold (berapa jumlah kuota maksimal uang yang bisa disimpan sebelum kamu collect), build in (waktu yang dibutuhkan untuk membangunnya), danthreat (ancaman ketika mempunyai bisnis ini).
Di Billionaire, tidak ada batas berapa banyak unit bisnis yang bisa kamu miliki. Batas maksimum adalah threat yang tidak boleh mencapai 100%. Khusus untuk threat, ada hal yang harus kamu perhatikan secara hati-hati. Bila threat kamu sudah melebihi 50% ada saat-saat kamu bisa dijatuhi hukuman atas bisnis yang kamu miliki. Dengan hukuman tersebut kamu tidak akan bisa mengumpulkan uang. Pertama kali saya mendapat hukuman, ada tiga pilihan yang bisa saya ambil yaitu menunggu selama 1 jam, membayar bail-out dengan diamond 45 buah, atau membiarkan salah satu unit bisnis yang paling berharga disita.

Make It Rain: Love of Money adalah game yang unik karena walaupun gameplay yang ditawarkan sangat sederhana tapi game ini mengajarkan kamu hal dasar mengenai uang yang ternyata sangat penting. Cara bermainnya sangat sederhana kamu cukup swipe selembar uang dari satu tumpukan uang yang banyak. Setiap uang yang berhasil kamu swipe akan masuk ke rekening kamu. Tujuannya? Mengumpulkan uang sebanyak yang kamu bisa.

Make It Rain Love of Money | Screenshot 2

Terdengar konyol memang tapi tunggu sampai kamu mencobanya sendiri. Semakin cepat kamu swipe maka uang yang akan terkumpul juga akan semakin banyak dan setelah 2 menit tangan kamu pegal kamu akan mulai melirik bagian bawah layar dan di situ ada tiga menu yang menanti. Tiga menu ini adalah bentuk investasi yang dapat kamu lakukan untuk membuat uang kamu lebih banyak lagi.
Make it Rain: The Love of Money mungkin adalah game yang sangat sederhana, namun game ini telah mengingatkan saya tentang banyak hal mengenai uang, seperti di awal kamu harus bekerja keras untuk mendapatkan uang, namun setelah kamu mendapatkan cukup uang maka kamu bisa melakukan investasi dan membiarkan uang bekerja untuk kamu. Saran saya adalah coba game yang satu ini untuk mengerti bagaimana cara orang kaya mendapatkan uangnya :).

TradeHero
Game Mengasah Insting Bisnis | Screenshot 1 (TradeHero)

Kamu sudah belajar ilmu bisnis bursa saham melalui buku namun kamu masih ragu-ragu untuk segera mempraktekannya? Jangan takut lagi sebab TradeHero akan menjadi juru selamat kamu! Selain karena harga aplikasinya yang gratis, kamu juga akan menghadapi situasi permainan saham yang aturannya sama persis seperti di dunia nyata.
Yang menarik adalah nama-nama perusahaan yang kamu temui adalah perusahaan yang asli dan pastinya tidak asing lagi di telinga kamu, seperti Apple, Coca-Cola, Sony, Nike, dll. Kerennya lagi, naik turunnya harga saham yang tertera di game disesuaikan dengan harga saham perusahaan di dunia nyata!
Game ini tidak terdapat di Google Play namun hanya terdapat di Apple App Store saja. Namun bagi kamu pengguna Android kamu tidak perlu berkecil hati, pasalnya TradeHero rencananya akan dibuat versi Androidnya juga.

Monopoly
Game Mengasah Insting Bisnis | Screenshot 2 (Monopoly)
Kita akan kembali sejenak ke masa lampau. Sejak zaman dahulu, Monopoly sudah dianggap sebagai permainan yang dapat mengasah insting berbisnis kita. Kamu tahu George Soros? Beliau adalah ahli tukar menukar valuta asing yang sangat kaya raya, pada masa kecilnya beliau sering bermain Monopoly dan sangat ahli dalam memainkannya.
Di Monopoly, kamu akan belajar bagaimana caranya bernegosiasi dengan lawan main kamu, mengatur keuangan perusahaan kamu supaya tidak collapse, memanfaatkan momentum keberuntungan kamu, dan mengakali lawan bisnis kamu. Asiknya lagi, hal-hal barusan dikemas secara fun. Tren bermain Monopoly terus ada hingga zaman millenium ini. Aturan bermain versi mobile-nya ini 100% sama dan tersedia dalam berbagai tema layaknya Monopoly dalam versi fisik (karton, board game). Sayangnya, untuk setiap tema kamu harus membayar sejumlah uang dan setiap tema tidak terdapat dalam satu aplikasi yang sama sehingga terkesan boros memory penyimpanan.

Game Mengasah Insting Bisnis | Screenshot 3 (Monopoly)

Nilai plus dari versi mobile ini adalah kamu tidak perlu repot-repot merapikan kembali perlengkapan permainan Monopoly kamu apabila kamu telah usai bermain dan tidak perlu takut jika salah satu komponen permainannya ada yang ‘nyelip’ lalu hilang entah ke mana (pengalaman pribadi). Untuk lebih belajar sisi bisnisnya, saya sarankan bermain Monopoly secara multiplayer. Bernegosiasi dengan sesama manusia tentu lebih memberikan pengalaman daripada bernegosiasi dengan komputer, kan?
Perlu diingat bahwa multiplayer di sini hanya bersifat lokal, jadi kamu tidak bisa bermain melawan player lain di penjuru dunia namun hanya sebatas player di jaringan local wi-fi kamu. Terakhir, pelajaran penting lainnya mengenai Monopoly adalah pajak dan penjara merupakan musuh gentayangan bagi para pebisnis.

Cooking Academy – Restaurant Royale sebenarnya juga pernah muncul di artikel feature 10 games memasak Games in Asia. 

Game Mengasah Insting Bisnis | Screenshot 4  (Cooking Academy - RR)

Kali ini Cooking Academy – Restaurant Royale akan lebih kita bahas sisi bisnisnya. Mengapa game ini mengajarkan kamu berbisnis dengan benar? Karena game ini menekankan tentang bagaimana kamu bisa membuat sebuah restoran dengan suasana yang nyaman, makanan yang lezat, dan tentu saja mendapatkan untung dari masakan-masakan yang sudah kamu buat. Kalau poin-poin di atas tadi tidak kamu perhitungkan tentu bisa-bisa kamu gagal dalam berbisnis, bukan?

Air Tycoon Online

Game Mengasah Insting Bisnis | Screenshot 5 (Air Tycoon Online)

Dari judul rasanya sudah jelas bahwa game ini adalah game simulasi manajemen maskapai penerbangan. Serunya di game ini adalah kamu bisa membuka usaha maskapai bandara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Saya sendiri sedang membuka maskapai penerbangan yang melayani penerbangan di Jakarta dengan rute tujuan utama Bali.
Mekanisme gameplay yang diberikan sangat baik menurut saya, kamu akan menemui dasar-dasar mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk membuka sebuah maskapai penerbangan, tiket yang bisa kamu jual, menentukan rute paling menguntungkan yang bisa ditempuh, dan diberi ilmu teknis mengenai teknologi pesawat dari ujung ekor hingga kepala pesawat. Semoga pembukaan maskapai saya tadi bisa menjadi kenyataan 

M&A Game

Game Mengasah Insting Bisnis | Screenshot 6 (M&A Game) 
Sedari awal permainan, dalam hati saya berkata ‘wow sangat interaktif sekali game ini’ karena ketika proses registrasi ID pun kamu sudah dibawa dalam suasana wawancara oleh seorang atasan. Kamu akan berperan sebagai CEO yang akan mengurus sebuah perusahaan. Jenis perusahaan yang bisa kamu pilih berkaitan dengan usaha-usaha dengan omzet super besar di muka bumi ini. Sungguh bukan main. Contohnya perusahaan minyak dan gas, real estate, institusi finasial, teknologi media, dst.

Terdapat juga fitur koneksi ke akun Linkedin kamu juga, sehingga menambah kesan real bahwa game ini memang benar-benar bisa membuat kamu belajar berbisnis. Kamu juga akan dilatih bagaimana cara bernegosiasi yang baik dan benar dalam dunia bisnis, proses negosiasi di dalam game ini sendiri dibuat dengan sangat baik (mainkan sendiri dan kamu pasti setuju dengan apa yang saya maksud). Pelajaran berikutnnya dari M&A Game adalah bagaimana kamu bisa membeli perusahaan semurah-murahnya kemudian menjual perusahaan tersebut dengan harga setinggi-tingginya di kemudian hari.

Demikianlah list game yang dapat mengasah insting bisnis kamu. Semoga apa yang sudah kamu pelajari dari beberapa game di atas bisa membuat kamu semakin menyukai dunia bisnis dan bisa membuat bisnis kamu semakin berkembang.

7 Game iOS & Android yang Dapat Mengasah Insting Bisnis Kamu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: De Fredi

0 komentar:

Posting Komentar

PEDOMAN KOMENTAR :
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar, membuat komentar berbentuk spam.