23/03/15

Inilah Hacker Yang Menggemparkan Dunia

Inilah Hacker Yang Menggemparkan Dunia - Siapa yang tidak tau tentang kata Hacker, tapi sayangnya Hacker cuman di artikan sebagai penjahat Dunia Maya. Padahal isu ini berbalik 360 drajat, Hacker juga ada yang baik juga kok. Seperti yang saya kutip dari liputan6dotkom


Banyak kelompok hacker bertopi putih alias `White-hat Hackers`yang mengubah dunia menjadi lebih baik. Di antaranya adalah Tim Berners-Lee, Bill Gates, Steve Jobs, Larry Page & Sergey Brin, Linus Benedict Torvalds, dan masih banyak lagi.

Salah satu yang paling fenomenal adalah penemu World Wide Web (WWW) yaitu Tim Berners-Lee yang saat ini menjabat sebagai ketua The World Wide Web Consortium (W3C) untuk mengatur perkembangan dari Word Wide Web.

Sebelum menjadi seorang penemu, ia bekerja sebagai kontraktor organisasi penelitian nuklir Eropa yaitu European Organization for Nuclear Research (CERN) pada tahun 1980an. Saat itu ia menawarkan sebuah proyek berbasis hypertext sebagai wadah untuk saling bertukar informasi antar para peneliti.


  • Hacker Peraih Gelar Kehormatan

Sistem yang diciptakan TimBL, begitu sapaan akrabnya, diberi nama Enquire, yang memfasilitasi para peneliti dari berbagai penjuru dunia untuk saling mengetahui perkembangan atau informasi terbaru. Hingga akhirnya sistem itu bertumbuh pesat, layaknya perkembangan pada jaringan internet.

Setelah itu pria kelahiran London, 8 Juni 1955 ini memutuskan untuk keluar dari CERN dan bergabung dengan John Poole’s Image Computer Systems Ltd. Di perusahaan tersebut TimBL menjadi rekan seorang peneliti dan kembali menuangkan ide yang memiliki konsep seperti Enquire untuk menciptakan Word Wide Web.


Untuk mengujinya, TimBL membuat sebuah situs yang sekaligus menjadi situ web pertama dengan alamat http://info.cern.ch/ pada tanggal 6 Agustus 1991 dan sudah bisa diakses secara online. Hingga saat ini ratusan juta orang memanfaatkan temuannya untuk memperoleh informasi, memanfaatkan layanan email gratis, jejaring sosial, dan lainnya.

Pada 16 Juli 2004, TimBL mendapat sebuah penghargaan dari Ratu Elizabeth II dengan gelar kehormatan Knight Commander of the Most Excellent Order of the British Empire (KBE) atas semua jasa yang diberikan yaitu tidak mematenkan penemuannya sehingga seluruh masyarakat dunia dapat menggunakan web secara bebas. 


  • Hacker Yang Pendiam 

Selain TimBL ada juga hacker jenius yang berhasil mengembangkan sistem operasi berbasis open source Linux yaitu Linus Benedict Torvalds. Ia adalah seorang programer perangkat lunak asal Finlandia yang dikenal sangat pendiam.

Dalam proses perancangan Linux, pria yang lahir di Helsinki pada 28 Desember 1969 ini terinspirasi dari suatu sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum, Minix untuk mengembangkan sistem operasi Unix-like yang dapat dijalankan pada PC. 

Ketika itu Linus membagi-bagikan source code kernel Linux berukuran disket via internet pada tahun 1991. Bahkan ia sendiri sama sekali tidak menyangka kalau program yang ia buat itu dapat melahirkan bisnis miliaran dolar di kemudian hari.


Selain bisa berjalan di PC, Linux sekarang dapat dijalankan di berbagai arsitekstur lainnya. Mulai bisa dibenamkan ke dalam server, tablet PC, PDA, smartphone, GPS, robot, mobil hingga pesawat ulang alik buatan National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Bahkan banyak Linuxer, sebutan panggilan Linux, yang membeli perangkat buatan Apple dan mengganti sistem operasi bawaan (iOS) dengan Linux.

Sekian yang bisa saya berikan tetang seputar dunia Hacker yang sempat menggemparkan dunia ini, terimakasih sudah membaca postingan ini. 

Inilah Hacker Yang Menggemparkan Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: De Fredi

0 komentar:

Posting Komentar

PEDOMAN KOMENTAR :
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar, membuat komentar berbentuk spam.